Kamis, 21 Maret 2013

internet base

Internet base

Internet …….

Yang mau tau internet silahkan baca blog ini……

Dari sejarahnya dlu ya


Sebelum berkembang seperti saat ini internet awalnya merupakan proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) di tahun 1969 yang bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputer di daerah penting sebagai pemantau dan antisipasi skerangan nuklir dari Uni Soviet. (masih jaman perang ke 2)
Kemudian proyek itu berkembang, hingga dipecah menjadi 2, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer seperti untuk bidang pendidikan dan penelitian di universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet atau lebih sederhananya Internet yang merupakan akronim dari Interconnected Network.setelah itu berkembang hingga saat ini.

Manfaat dan kerugian internet

Disamping memiliki banyak hal positif dalam kehidupan manusia, internet juga membawa dampak negatif. Seperti konten-konten yang berbau pornografi, sara, kekerasan, rasis dan lain-lain bertebaran di internet. Selain itu timbul kejahatan-kejahatan dunia maya seperti pembobolan kartu kredit (Carding), Pembobolan keamanan jaringan computer perusahaan atau lembaga baik lembaga pemerintah atau swasta (Cracking) untuk mencuri data, mengubah tampilan halaman situs (Defacing), dan menyebarkan karya cipta orang lain atau pelanggaran hak cipta.
Internet itu bagai seperti pisau bermata dua, di satu sisi memiliki manfaat, dilain sisi bisa merugikan penggunanya. Saat ini untuk menangkal sisi negatif dari dunia maya dilakukan dengan cara-cara seperti filtering konten dan memblok konten-konten yang tidak baik dengan firewall atau lewat proxy oleh penyedia layangan internet, menambal celah-celah di sistem jaringan komputer yang bisa dimasuki oleh cracker.

paling enak internet itu buat cari ilmu sekalian cari jodoh hehehehe…..

sekarang lanjut ke internet sarana di kehidupan kita

ada berbagai macam sarana yang diterapkan dengan system internet
• Bidang Pendidikan
Internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (library online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online di kenal dengan istilah e-learning
• Bidang Ekonomi dan Bisnis
Internet hadir dengan istilah e-commerce yaitu kegiatan perdagangan, jual beli, promosi dan sebagainya dapat dilakukan melalui internet.
• Bidang Pemerintahan
Internet hadir dengan e-government untuk memudahkan pemerintah untuk memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal.
• Sarana Bersosialisasi dan Mencari Sahabat
Pengguna internet dapat menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya murah melalui fasilitas email, chatting, video call dimana sudah banyak aplikasi media sosial yang memberikan fasilitas tersebut, contohnya Facebook, Twitter, skype dll
• Sarana Hiburan
Internet menyediakan banyak fasilitas pilihan seperti permainan, game, musik, video, dunia entertainment dan sebagainya

Terima kasih sudah baca blog saya
Blog ini di kutip dari berbagai sumber:

http://sittimaymona.blogspot.com/2013/02/pengetahuan-dasar-internet.html
http://yanuartotw.wordpress.com/2009/12/25/pengaruh-internet-dalam-kehidupan-sehari-hari/
http://smp1kajen.wordpress.com/2008/05/23/dasar-dasar-internet/
http://motivatormudaws.blogspot.com/2012/10/pengertian-dasar-internet-dan-intranet.html
http://tekfokom.wordpress.com/mater/dasar-dasarinternet/
http://bloggerhape.heck.in/internet-based-teaching-and-learning.xhtml
http://budianggoro.wordpress.com/kelas-9-2/dasar-internetintranet/
http://sisykurniaasih.blogspot.com/2011/09/manfaat-internet-dalam-kehidupan-sehari.html
http://endra-dwi-putra.blogspot.com/2012/04/pengertian-internet-dan-intranet.html
http://paneninfo.blogspot.com/2013/03/pengertian-internet.html#_




Tidak ada komentar:

Posting Komentar